Seekor Harimau Muncul di Permukiman Warga Siak, Begini Penjelasan BBKSDA Riau

Rabu, 9 Juni 2021 22:04 WIB

Share

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Beredar video yang memperlihatkan seekor harimau memasuki permukiman warga di kawasan Siak. Bukan hanya terlihat di pekarangan rumah warga, satwa dilindungi bernama latin Panthera Tigris Sumatrae itu juga memangsa seekor ayam milik warga.

Saat dikonfirmasi Kepala Balai BKSDA Riau, Suharyono membenarkan adanya peristiwa tersebut. Namun hal itu terjadi pada Maret dan informasi diterima pihaknya pada awal April 2021 lalu.

"Sekitar tanggal 5 April lalu kita mendapatkan video tersebut dari pihak manajemen perusahaan perkebunan PT Triomas," katanya, Rabu (09/06).

Tangkapan Layar Video seekor harimau di Kampung Teluk Lanud, Sungai Apit, Siak, Riau 

Terangnya, kucing besar itu muncul di Kampung Teluk Lanud, Sungai Apit, Siak. Video itu sendiri diambil oleh karyawan kebun yang ada di mess pekerja. 

"Hasil pengecekan lokasi, harimau itu diperkirakan berusia remaja dengan jenis kelamin jantan. Dilihat dari video harimau tersebut sedang belajar berburu mangsa," bebernya.

Haryono mengaku menerima dua video yang berbeda di lokasi yang sama. Video pertama pada siang hari dan video kedua menunjukkan kondisi malam hari.

Menurutnya, lokasi munculnya hewan buas dilindungi itu masuk dalam lanskap Semenanjung Kampar. Dimana lokasi itu memang merupakan habitat harimau Sumatera.

"Saat itu kita sudah lakukan komunikasi dan bimbingan teknis terhadap perusahaan. Kemudian pihak perusahaan juga berkomitmen untuk memantau lokasi menggunakan kamera trap. Hingga saat ini belum terlihat lagi kemunculan harimau di lokasi itu sejak beberapa waktu lalu," tandasnya.

Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: MCR
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler