Kebakaran Hutan Bukit Suligi Berhasil Dipadamkan, Polres Rohul Amankan 3 Orang Diduga Pelaku Pembakaran

Jumat, 23 Juli 2021 15:30 WIB

Share
Karhutla Bukit Suligi, Rokan Hulu, Riau.
Karhutla Bukit Suligi, Rokan Hulu, Riau.

ROHUL, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Upaya Pemadaman Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kawasan Hutan Lindung Bukit Suligi di Dusun Kumain, Desa Kumain, Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu, terus dilakukan tim Gabungan TNI-Polri dan BPBD. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, menurunkan 1 unit Helikopter untuk melakukan pemadaman melalui udara (Water Boombing) di lokasi kejadian, Kamis (22/7/2021) .

Upaya pemadaman Karhutla di Hutan Lindung Bukit Suligi melalui water Bombinng dimulai sekitar pukul 7.00 Wib Pagi. dalam kegiatan tersebut Helikopter mengambil air dari sebuah danau yang berjarak sekitar 1 km dari lokasi kejadian.

Sebelumnya, upaya pemadaman karhutla di Hutan Lindung Bukit Suligi terkendala sulitnya akses menuju tempat kejadian serta tidak adanya sumber air.  Petugas gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, BPBD serta masyarakat setempat hanya bisa melakukan pemadaman secara manual sejak Selasa malam.  

Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufik Lukman Nurhidayat mengatakan, upaya water bombing sangat efektif dalam mengendalikan kebakaran di hutan lindung bukit suligi. saat ini Api sudah dapat dipadamkan.

"Saat ini kebakaran di Hutan Lindung Bukit Suligi sudah dapat dipadamkan. Namun, Water Bombing terus dilakukan guna mendinginkan bekas kebakaran untuk memastikan api padam dan tidak membesar lagi," ujar Kapolres, Kamis (22/7/2021).

Lebih lanjut Kapolres mengatakan, Personel kepolisian dibantu TNI, BPBD dan juga Masyarakat Peduli Api juga terus di siagakan di lokasi kejadian untuk memastikan tidak ada lagi api-api kecil yang dapat memicu kebakaran yang lebih besar.

3 Terduga Pelaku Pembakaran Diamankan

Selain Fokus melakukan pemadaman kebakaran di Hutan Lindung Bukit Suligi, Kepolisian Resort Rokan Hulu juga terus melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran hutan dan lahan di hutan lindung Bukit Suligi.

Tidak Butuh Waktu Lama, Satreskrim Polres Rohul telah mengamankan 3 orang yang di duga sebagai pelaku pembakaran lahan. Ke 3 orang terduga pelaku tersebut saat ini sudah diamankan di Makopolres Rohul untuk dimintai keterangan.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar