Sudah Pelihara 6 tahun, Pasutri di Rohul Serahkan Seekor Siamang ke BKSDA Riau

Jumat, 30 Juli 2021 14:55 WIB

Share
Foto dok. BBKSDA Riau
Foto dok. BBKSDA Riau

ROHUL, RIAU.POSKOTA.CO.ID — Seekor siamang atau dengan nama latin Symphalangus Syndactylus dievakuasi dari pasangan suami istri Embas dan Elfi Eriani, warga Jalan Mangga, Kelurahan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Senin (12/7/2021) kemarin.

Kepala BKSDA Riau Suharyono, Rabu (28/7/2021) mengatakan, evakuasi dilakukan Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) Balai Besar KSDA Riau setelah pihaknya mendapat laporan.

“Tim turun melakukan evakuasi berawal dari laporan ibu Elfi Eriani, ke call centre Balai Besar KSDA Riau bahwa yang bersangkutan ingin menyerahkan satwa yang dipeliharanya,” jelas Suharyono.

Kepada petugas, Elfi mengaku sudah memelihara siamang tersebut selama kurang lebih 6 tahun. 

“Siamang itu disebutkan awalnya ditemukan saat terjadi kebakaran hutan dihabitatnya. Saat itu masih sangat kecil dan terpisah dari induknya,” terang Suharyono.  

Karena kasihan, Siamang lalu dibawa kerumahnya dan dipeliharanya serta dianggap sebagai bagian dari keluarga.

“Bu Elfi mau menyerahkan ke pihak kita. Setelah tetangganya menyampaikan kepadanya bahwa satwa tersebut adalah salah satu jenis satwa yang dilindungi,” jelas Suharyono.

Akhirnya, setelah dilakukan serah terima. Siamang betina berumur sekitar 7 tahun tersebut, saat ini sedang berada dikandang transit satwa Balai Besar KSDA Riau untuk observasi guna tindakan konservasi lebih lanjut untuk kelestariannya.

Halaman
Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: MCR
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar