Pantau Kondisi Pulau Terluar Indonesia, Pesawat Tempur F-16 TNI AU Patroli di Selat Malaka dan Karimata

Sabtu, 31 Juli 2021 14:26 WIB

Share
Pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Patroli di Selat Malaka dan Karimata. (Foto dok Lanud Roesmin Nurjadin)
Pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin, Patroli di Selat Malaka dan Karimata. (Foto dok Lanud Roesmin Nurjadin)

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Skadron Udara 16 Lanud Roesmin Nurjadin menggelar patroli udara di Selat Malaka dan Selat Karimata, Kamis (29/7/2021). Patroli bertujuan memantau kondisi pulau- pulau terluar di Indonesia

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro SE mengatakan, tujuan pelaksanaan operasi patroli udara untuk pengamanan dan pemantauan kondisi terkini pulau-pulau terluar wilayah Indonesia barat, di antaranya Pulau Berhala, Pulau Batu Mandi, dan Pulau Rupat.

Dari pantauan itu, diketahui kondisi pulau terluar yang ada di Selat Malaka dan Karimata masih aman. "Sejauh ini belum ditemukan adanya pelanggaran wilayah dan potensi ancaman baik di udara maupun permukaan," tutur Andi, Jumat (30/7/2021).

Andi menyampaikan kepada seluruh anggota Skadron Udara 16 baik Penerbang maupun Ground Crew untuk mempersiapkan pelaksanaan operasi dengan sepenuh hati. Agar hasil yang dicapai lebih maksimal.

Meski operasi di masa pandemi, diharapkan para prajurit Skadud 16 terutama bagi penerbang untuk tetap semangat demi Indonesia tercinta.

"Operasi Patroli Udara dengan sandi Operasi Lintas Rajawali-21 dilaksanakan secara terjadwal sepanjang tahun di bawah kendali Komando Operasi TNI AU I, sesuai dengan tatanan tugas dan tanggung jawab TNI AU," jelas orang nomor satu di Lanud Roesmin Nurjadin.

Dalam operasi itu, Komandan Skadud 16 Letkol Pnb Andri Setyawan ST MMOAS, bertindak sebagai flight leader dalam Operasi Lintas Rajawali-21. Tidak ada kendala selama patroli.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar