Tinjau SPAM di Rohil, Gubri Minta Pemkab Rekrut Tenaga Kerja di UPT PAM Durolis

Senin, 2 Agustus 2021 12:06 WIB

Share
Gubernur Riau, Syamauar menggelar pertemuan di UPT PAM Durolis, Kabupaten Rokan Hilir pada Sabtu (31/7/2021).
Gubernur Riau, Syamauar menggelar pertemuan di UPT PAM Durolis, Kabupaten Rokan Hilir pada Sabtu (31/7/2021).

ROHIL, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Untuk memastikan ketersediaan layanan air minum perpipaan, Gubernur Riau, H Syamsuar meninjau Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Dumai, Rohil dan Bengkalis (Durolis) di Kabupaten Rokan Hilir. 

Kunjungan kerja (kunker) Gubernur Riau ini, sekaligus mengecek kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM), pada Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pengelolaan Air Minum (PAM), Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), pada Sabtu (31/7/2021).

Usai peninjauan, Gubernur Riau, H Syamsuar, menggelar pertemuan bersama bersama Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong, dan Kepala Unit Pelayanan Teknis UPT PAM Durolis, Edwin.

Gubernur Riau mengatakan, kondisi SPAM Durolis saat ini sudah beroperasi dan jaringan airnya sudah mengalir ke rumah warga, baik yang ada beberapa daerah di Kabupaten Rohil, Dumai dan Bengkalis.

“Kami bersama Bupati, membahas beberapa hal yang terkait dengan UPT ini, karena target kita kan SPAM Durolis ini selesai tahun 2021, sambungan-sambungan rumah sampai kerumah masyarakat,” ujar Gubri, Syamsuar.

Dijelaskan Gubri, dalam perjalanan pembangunan SPAM Durolis, hingga beroperasi ditahun 2021 ini, masih ada kendala dalam menjalankan UPT Pengelolaan Air Minum, terutama kekurangan tenaga kerja dalam pengoperasian SPAM Durolis. Untuk itu Gubri meminta kepada Pemkab Rohil agar segera merekrut tenaga kerja untuk ditempatkan di UPT PAM Durolis.

“Persoalan sekarang masih kekurangan Sumber Daya Manusianya, kita sudah kasih masukan ke Bupati, agar hal ini cepat disegerakan. Bupati sudah siap di bulan Agustus ini. Nanti dilatih lagi yang diterima, agar nanti mereka bisa mandiri, kompetensi sesuai yang diharapkan,” tegas Gubri.

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara bertahap membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) skala regional di Provinsi Riau.

Pembangunan ini untuk mendukung layanan air minum perpipaan di Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, dan Kabupaten Bengkalis atau dikenal dengan SPAM Regional Durolis.

Data Kementerian PUPR menyebutkan, bahwa secara keseluruhan SPAM Regional Durolis memiliki kapasitas sebesar 1.500 liter/detik dengan target penerima manfaat 150.000 Sambungan Rumah (SR).

Halaman
Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: MCR
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar