Jembatan Pedamaran Rohil Ditabrak Ponton, Tiang Penyangga Patah!

Kamis, 9 September 2021 11:59 WIB

Share
Jembatan Pedamaran Rohil Ditabrak Ponton, Tiang Penyangga Patah!
Tiang penyangga jembatan Pedamaran di Rokan Hilir patah akibat ditabrak ponton pembawa material proyek Selasa pagi. (Foto: Irwansyah)

PEKAITAN, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Sebuah ponton pembawa material batu base B untuk pengerjaan Proyek Jalan Lintas Pesisir yang dikerjakan oleh PT. Dian Restu Anugrah lepas tak terkendali dibawa arus pasang sungai Rokan, Selasa (7/9/2021) pagi. Akibatnya ponton menghantam pengaman dan tiang jembatan Pedamaran II yang mengakibatkan tiang utama jembatan patah.

Camat Pekaitan Taryono SE saat dikonfirmasi media di lokasi Jembatan mengatakan bahwa memang benar telah terjadi musibah tertabraknya tiang jembatan oleh sebuah ponton pembawa paterial pembangunan proyek jalan lintas pesisir yang sedang beraktifitas pembongkaran di sekitar jembatan.

"Benar telah terjadi musibah tertabraknya tiang jembatan Pedamaran II oleh sebuah ponton yang membawa material batu base B yang lepas dan terbawa arus pasang sungai Rokan pada subuh hari tadi," kata Taryono SE.

Diduga hanyutnya ponton karena kelalaian petugas yang tidak dapat mengendalikan ponton saat pasang besar sehingga tali penambatan ponton lepas dan menabrak tiang pengaman dan tiang penyangga jembatan hingga patah.

"Mereka harus bertanggung jawab," katanya.

Taryono juga menyampaikan bahwa kejadian tersebut sudah disampaikannya secara lisan kepada kepada Bupati Rohil Afrizal Sintong serta akan membuat laporan tertulis kepada pihak PU Provinsi agar dapat sesegera mungkin memperbaiki jembatan yang rusak.

"Jembatan Pedamaran ini menghubungkan empat kecamatan, Pekaitan, Kubu, Kuba dan Panipahan sebagai akses perekonomian masyarakat serta pembangunan. Jadi diharapkan jangan sampai jembatan Pedamaran terancam retak apalagi sampai patah sehingga merugikan masyarakat banya," harapnya.

Selain itu, salah satu warga Kepenghuluan Pedamaran yang menjabat sebagai ketua RT 18 RW 09  Pedamaran, Tugimin mengatakan bahwa sebagai masyarakat Pedamaran tidak terima atas rusaknya tiang penyangga  jembatan Pedamaran II karena jembatan tersebut dan berharap pihak Pemerintah Daerah dapat mengesa pihak kontraktor yang telah menyebabkan rusaknya tiang jembatan untuk segera memperbaiki agar tidak menyebabkan kerusakan pada bagian lainnya. (Ir)

Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar