Dosen FK UNRI Ingatkan Warga Soal Penyakit Tanpa Gejala Tapi Berbahaya, Apa itu?

Selasa, 12 Oktober 2021 12:15 WIB

Share
Pengabdian ke masyarakat Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Riau
Pengabdian ke masyarakat Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Riau

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Tak lengkap rasanya slogan Tri Dharma perguruan tinggi tanpa adanya kunjungan dan pengabdian ke masyarakat. Hal inilah yang kemudian dilakukan dosen Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Riau.

Tiga dosen FK UNRI, dokter Eni Karmila, M.Med.Ed, M.Biomed, dokter Ismawati, M.Biomed dan dokter Fajri Marindra, M.Kom, M.Biomed. Ketiganya melakukan pengabdian masyarakat dengan mengecek penyakit metabolik.

"Penyakit ini lazim ditemui di masyarakat seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), kencing manis (diabetes melitus) hingga penyakit hiperkolesterolemia," ujar dokter Ismawati, Senin (11/10/2021).

Secara terperinci kegiatan pengabdian itu dilaksanakan di Bangkinang Kota, pada akhir pekan lalu.

Terdiri dari 3 kegiatan utama, pemeriksaan gula darah (glukosa), diketuai oleh dokter Eni. Lalu, pemeriksaan kolesterol total darah oleh dokter Ismawati dan terakhir yaitu pemeriksaan tekanan darah dan asam urat darah yang diketuai dokter Fajri Marindra.

"Penyakit metabolik seperti seperti kolesterol tinggi, kencing manis maupun hipertensi seringkali tidak disadari oleh penderitanya karena tidak bergejala. Tapi seiring perjalanan waktu penyakit-penyakit tersebut dapat menyebabkan munculnya penyakit lain," katanya.

Salah satu pemicu munculnya panyakit lain adalah jantung, stroke sampai ke penyakit ginjal kronis yang punya angka keparahan dan angka kematian tinggi dimasyarakat.

"Untuk itu tim pengabdian masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Riau tergerak untuk melakukan deteksi sedini mungkin. Selain dosen, turut terlibat tenaga kependidikan dan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan ini," kata Ismawati.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar