Simak 10 Tahapan Perkawinan Adat Melayu Riau Yang Sangat Unik
Selasa, 12 Oktober 2021 14:32 WIB
Share
Ilustrasi: salah satu tahapan Perkawinan Adat Melayu Riau, Berinai

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Pernikahan merupakan fase penting dalam kehidupan yang dilalui manusia. Pernikahan dikemas dalam suatu upacara penyatuan dua insan yang diresmikan secara norma agama, hukum, budaya dan sosial.

Cukup beragam variasi upacara pernikahan yang diakibatkan dari adanya suku agama, bangsa dan juga kelas sosial yang berbeda.

Oleh karena itu, orang sangat memikirkan konsep maupun proses pernikahan yang akan dilalui.

Terlebih pernikahan diharapkan terjadi hanya sekali seumur hidup, dengan begitu banyak orang melakukan yang terbaik demi momen pernikahan yang sakral dan bermakna.

Sama halnya pada tahapan perkawinan adat yang ada di Indonesia salah satunya di Riau, inilah 10 Tahapan Perkawinan Adat Melayu Riau.

1. Merisik

Sebelum adanya suatu perkawinan, perlu dilakukan penyelidikan terhadap calon mempelai perempuan dari pihak keluarga calon mempelai laki-laki, kegiatan tersebut dinamakan merisik.

Tujuannya untuk melakukan penilaian apakah gadis tersebut layak untuk menjadi menantu atau tidak.

Orang yang mencermati secara diam-diam wajah dan kepribadian calon mempelai perempuan yaitu tukang perisik, ia mesti datang berkunjung ke rumahnya, hal ini umumnya dilakukan oleh perempuan sekitar empat puluh tahun keatas.

2. Merasi

Halaman
1 2 3 4 5
Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: -
Berita Terpopuler