Waspada DBD, Diskes Pekanbaru Imbau Warga Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

Kamis, 25 November 2021 16:49 WIB

Share
Ilustrasi Demam Berdarah (Liputan6.com/Johan Fatzry)
Ilustrasi Demam Berdarah (Liputan6.com/Johan Fatzry)

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Pekanbaru dari Januari hingga awal November lalu mencapai 310 kasus. Namun, semua pasien saat ini dinyatakan sembuh.

"Berdasarkan data tahun 2021, dari 15 kecamatan, ada 310 orang yang terinfeksi DBD," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, Hamdan, Selasa (23/11).

Hamdan menyebut, semua pasien saat ini sudah dinyatakan sembuh. Penanganan DBD di Pekanbaru, kata dia, apabila ada laporan dari rumah sakit, terkait adanya pasien DBD, maka Diskes akan melakukan penyelidikan epidemiologi. 

"Jika ditemukan jentik nyamuk dan panas (demam) lebih dari 3 orang dalam radius 200 meter, kita akan melakukan fogging (di lokasi)," jelasnya.

Ia juga mengimbau agar warga dapat melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan sekitarnya. Apalagi musim tidak menentu, kadang kering, kadang musim hujan. 

"Ketika kering telur nyamuk tidak menetas, ketika dapat air langsung jadi jentik dia, langsung jadi nyamuk. Proses hanya seminggu menetas lagi. Masyarakat kita harap gotong-royong, kalau tidak gotong-royong percuma saja. Karena fogging hanya bunuh nyamuk dewasa," jelasnya.

Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: PGI
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar