Ria, Seekor Gajah Usia 45 Tahun di TNTN Pelalawan Melahirkan Bayi Jantan

Selasa, 7 Desember 2021 16:01 WIB

Share
Foto: dok BBKSDA Riau
Foto: dok BBKSDA Riau

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Dunia konservasi Provinsi Riau mendapat kabar baik. Seekor bayi Gajah jantan lahir di camp Elephants Flying Squad, SPTN Wilayah I Lubung Kembang Bunga Balai Taman Nasional Tesso Nilo (TNTN) Desa Lubuk Kembang Bungo, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Kamis (2/12/2021) kemarin.

Hasil pengukuran morfometri, anak gajah tersebut lahir dengan tinggi badan 86 sentimeter dan panjang badan 102 sentimeter, lingkar badan 103 sentimeter serta berat badan 84 kg. 

Kepala Bidang Wilayah II BBKSDA Riau, Heru Sutmatoro, Sabtu (4/12/2021) mengatakan, bayi gajah jantan ini adalah anak dari induk gajah bernama Ria, berusia 45 tahun. 

“Bayi gajah jantan ini lahir sekitar pukul 02.00 WIB kemarin,” terang Heru.

Bayi ini jelas Heru, merupakan hasil pembiakan (Breeding, red) dengan gajah liar. Kemudian bayi ini merupakan anak keempat dari “Ria”.

Sedangkan, tiga gajah lainnya yang dilahirkan gajah Ria pertama bernama Tesso, Tino, dan Harmoni Rimbo.

“Proses kelahiran berlangsung secara normal, induk dan bayi dalam keadaan sehat. Sampai saat ini tim medis BBKSDA Riau akan terus melakukan pemeriksaan kesehatan induk dan bayi gajah,” ujar Heru.

Menurut Heru, pihaknya mendata elephants flying squad Taman Nasional Tesso Nilo sudah mengalami 4 kali kelahiran anak gajah dari dua ekor induk gajah jinak yakni Lisa dan Ria, dalam rentang waktu 5 tahun terakhir.

Halaman
Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: MCR
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar