Riau Terima Mobil Lab PCR Test Covid-19 dari Kemendagri

Selasa, 7 Desember 2021 16:14 WIB

Share

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Riau Syamsuar menerima bantuan Mobil Laboratorium Polymerase Chain Reaction Test (PCR) Covid-19 atau Mobil Lab dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia dihalaman Gedung Daerah, Sabtu (4/12/2021).

"Alhamdulillah, hari ini mobil lab PCR sudah tiba di Pekanbaru, kami dan tim kesehatan telah meninjau mobil yang telah sampai disini. Dan sekaligus diberikan petunjuk agar mudah mengoperasionalkannya," ucap Gubri. 

Gubri Syamsuar, mengucapkan terimakasih kepada Bapak Menteri Dalam Negeri. Diharapkan Mobil Lab PCR ini dapat dimanfaatkan hingga ke daerah-daerah terutama daerah pelabuhan keluar masuk orang yang datang, Pelabuhan Dumai, Pelabuhan Mengkapan Siak, termasuk juga bandara. Selain itu, mobil Lab PCR ini juga dapat ditempatkan di daerah-daerah yang kasus positifnya tinggi. 

"Saat ini hanya ada 5 daerah yang memiliki lab PCR, mobil PCR ini bisa kita peruntukkan untuk daerah-daerah yang belum memiliki lab PCR itu. Sehingga nanti bisa dengan cepat mengetahui sejauh mana penularan Covid-19 di daerah tersebut," ungkapnya.

Dijelaskan Gubri, Mobil lab PCR ini masih dalam status pinjam pakai. Dalam proses administrasinya masih menunggu persetujuan hibah dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Namun demikian, mobil ini sudah bisa dioperasionalkan sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat Provinsi Riau. 

"Harapan kami kepada masyarakat untuk menjaga protokol kesehatan, apalagi saat ini varian baru Omicron sudah sampai ke Malaysia dan Singapura. Saya mengharapkan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota untuk senantiasa mengawasi pelabuhan-pelabuhan dan pintu masuk yang bisa menimbulkan penularan Covid-19 yang baru," harapnya. 

Lebih lanjut, Gubernur Riau berharap dukungan dari seluruh masyarakat agar protokol kesehatan dapat dipatuhi dengan baik sekaligus pelaksanaan vaksinasi harus diikuti secara masif.

Saat ini stok vaksin yang ada di Riau sekitar 600 ribu yang telah diberikan oleh Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

Halaman
Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: MCR
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar