Hati-hati! Kualitas Air Tidak Penuhi Syarat, Diskes akan Tutup Depot Air Minum

Jumat, 17 Desember 2021 16:40 WIB

Share
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi Saragih.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldi Saragih.

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Saat ini lebih kurang 700 depot air minum isi ulang beroperasi di Kota Pekanbaru. Ratusan depot air minum ini tetap dalam pembinaan dan pengawasan Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru.

Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldi, Kamis (16/12) menyebutkan, pembinaan dan pengawasan dilakukan bukan hanya oleh Diskes saja, namun juga oleh beberapa instansi terkait lainnya.

"Depot air minum ini bukan hanya menjadi binaan atau pengawasan Dinas Kesehatan, tetapi melibatkan beberapa, seperti DPMPTSP, Disperindag, dan DLHK," ujar Zaini Rizaldi.

"Kalau kami, kami tetap melakukan kegiatan pembinaan dan pengawasan  yaitu dengan turun secara acak untuk uji petik kebeberapa tempat sekaligus melihat proses kerja mereka (pengusaha depot air minum) sekaligus menanyakan izin operasional mereka," terangnya.

Menurut aturan dikatakan Zaini, setiap depot air minum isi ulang wajib melakukan pemeriksaan sampel air setiap bulannya.

"Menurut SOP-nya setiap air minum itu wajib diperiksa setiap bulan. Itu yang kita lakukan, baik melalui Puskesmas yang turun secara langsung atau petugas dari Dinas Kesehatan yang turun memeriksa dan mengontrol, apakah memang sampel yang diberikan itu memang rutin diperiksakan di laboratotium air kita yang ada di Simpang Tiga," jelas Zaini.

Jika didapati kualitas air tidak memenuhi syarat, ditegaskan Zaini, pihaknya akan menutup depot air yang bersangkutan.

"Ketika nanti misalnya disana didapati kualitas airnya tidak memenuhi syarat, dia langsung kita tutup, stop," tegasnya.

Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: PGI
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar