RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Terima Sertifikat Pelayanan Kardiovaskular dari Kemenkes

Selasa, 21 Desember 2021 11:45 WIB

Share
RSUD Arifin Achmad Pekanbaru Terima Sertifikat Pelayanan Kardiovaskular dari Kemenkes
RSUD Arifin Achmad Pekanbaru

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menerima sertifikat pelayanan kardiovaskular predikat mandiri. Sertifikat ini sebagai bukti RSUD tersebut, mampu melaksanakan tindakan bedah secara mandiri dari Kemenkes RI, di Aula Serbaguna RSUD Arifin Achmad, Senin (20/12/21).

Sertifikat pelayanan kardiovaskular ini diterima langsung oleh Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar didampingi oleh Plt Dirut RSUD Arifin Achmad, Wan Fajriatul, dan Ketua DPRD Riau, Yulisman.

Gubri menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat atas diraihnya sertifikat ini. Ia berharap ke depannya pelayanan jantung di RSUD Arifin Achmad dapat terus ditingkatkan dan menjadi rumah sakit rujukan jantung.

"Alhamdulillah atas sertifikat ini, tentu kita berharap pelayanan di rumah sakit dapat terus kita tingkatkan," sebutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Dirut RSUD Arifin Achmad menjelaskan, adanya sertifikat ini, maka RSUD Arifin Achmad dinilai telah sanggup untuk melakukan pelayanan mandiri operasi bedah jantung.

Ia mengungkapkan, acara penyerahan sertifikat pelayanan kardiovaskular kepada Gubernur Riau merupakan peristiwa bersejarah bagi seluruh masyarakat Riau. Karena, sebutnya, saat ini pelayanan kardiovaskular di Indonesia masih belum  merata. 

Terangnya, pelayanan penyakit jantung atau kardiovaskular pada semua daerah di Indonesia belum sesuai kebutuhan. Karena kecenderungan tenaga kesehatan dokter jantung dan bedah jantung terkonsentrasi di kota-kota besar dan pulau Jawa, sehingga kualitas layanan masih belum merata di setiap fasilitas pelayanan kesehatan, khususnya di luar Jawa. 

"Alhamdulillah RSUD Arifin Achmad sudah menjadi predikat mandiri pelayanan operasi bedah jantung, sehingga kami mampu untuk melakukan operasi bedah jantung karena memang sudah memiliki tim dokter tim dan perawat yang sangat kuat," ucapnya.

Ia berharap, melalui layanan ini, masyarakat di Provinsi Riau yang mengalami keluhan jantung dapat langsung berobat ke RSUD Arifin Achmad dan tidak lagi mengeluarkan banyak biaya untuk ke luar daerah bahkan hingga luar negeri.

"RSUD sudah bisa melakukan operasi (jantung) mandiri yang selama ini memang melakukan operasi dengan pendampingan dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita," sebutnya.

Halaman
Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: MCR
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar