RSUD Arifin Achmad punya Alat Canggih untuk Operasi Jantung, Ini penjelasannya

Senin, 27 Desember 2021 15:14 WIB

Share
RSUD Arifin Achmad punya Alat Canggih untuk Operasi Jantung, Ini penjelasannya
RSUD Arifin Achmad Pekanbaru

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID  - Pelayanan Jantung Terpadu (PJT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Provinsi Riau, saat ini sudah mendapatkan sertifikat pelayanan yang mandiri. Sejalan dengan itu, dokter dan peralatan yang ada juga terus ditingkat kualitasnya. 

Dokter spesialis bedah thorak kardio vaskuler RSUD Arifin Achmad dr Hariadi Hatta Sp B TKV mengatakan, beberapa operasi jantung yang pernah dilakukan yakni operasi katup. Dimana operasi ini dilakukan dengan alat yang canggih.

"Perlu alat yang canggih karena saat operasi saya harus memberhentikan jantung dan paru-paru. Untuk menggantikan dua organ penting tersebut, kita punya mesin bernama hearth lung machine," ujar dr Hariadi, Kamis (23/12/2021) di Pekanbaru. 

Lebih lanjut dikatakannya, dengan mesin tersebut, maka ia bisa melakukan operasi pada jantung berupa penggantian katup. Jika operasi sudah selesai dilaksanakan, maka jantung tersebut akan difungsikan kembali.

"Kemudian juga operasi jantung bawaan, misalnya ada lubang di jantung nya maka bisa kita tambal," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Instalasi Pelayanan Jantung Terpadu RSUD Arifin Achmad dr Dyah Siswanti E Sp JP (k) FIHA mengatakan, saat ini pelayanan jantung terpadu yang merupakan salah satu unggulan dari RSUD Arifin Achmad, sudah bisa melakukan mulai dari pemeriksaan sampai tindakan bedah jantung.

"Dimana tindakan bedah jantung ini merupakan tata laksana terakhir dari sebuah pelayanan jantung terpadu," katanya.

Dijelaskan dr Dyah, sebelumnya RSUD Arifin Achmad hanya bisa melakukan diagnosis jenis penyakit jantung apa yang diderita pasien. Seperti kelainan katup, jantung bawaan atau terjadi penyempitan di koroner. Kemudian dengan adanya layanan laboratorium, selanjutnya di RSUD Arifin Achmad bisa melakukan pasang cincin pada penyumbatan jantung koroner.

"Jadi selain diagnosis, juga sudah bisa melakukan intervensi non bedah seperti pasang cincin tersebut, namun jika penyumbatan sudah parah harus dilakukan operasi dan saat ini juga sudah bisa dilakukan di RSUD Arifin Achmad. Jadi pelayanan jantung di RSUD Arifin Achmad ini sudah mulai berjalan sejak tahun 2006, hingga saat ini pelayanannya sudah paripurna," ujarnya.

Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar