Maksimalkan Perawatan Jalan, Inilah Kendala dan Solusi Pemprov Riau

Selasa, 4 Januari 2022 15:24 WIB

Share
Maksimalkan Perawatan Jalan, Inilah Kendala dan Solusi Pemprov Riau
Ilustrasi: Wagubri, H Edy Natar Nasution (kiri) saat meninjau proyek peningkatan jalan di Rohil

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Hingga kini, masih banyak infrastruktur jalan di berbagai daerah di Riau yang butuh perbaikan dan perawatan oleh pemerintah. Khususnya pada jalan-jalan yang merupakan tanggung jawab Pemerintah provinsi (Pemprov) Riau.

Permasalahan kerusakan jalan ini, hampir merata di seluruh daerah di Riau yang selalu menjadi keluhan bagi masyarakat Riau yang diharapkan menjadi perhatian lebih bagi Pemerintah. 

Penyebab kerusakan jalan-jalan ini juga tidak lepas dari lemahnya pengawasan  terhadap pengguna jalan. Seperti pada kendaraan bertonase besar dan truk over kapasitas atau odol yang selama ini disinyalir penyebab kerusakan pada jalan.

Sementara, tidak semua kendaran-kendaraan tersebut juga tidak bayar pajak pada di Riau atau kendaraan dari luar provinsi Riau.

Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Wakil Gubernur, H Edy Natar Nasution, meninjau perbaikan Jalan Petapahan, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau, beberapa waktu lalu.
 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, menyampaikan, jika untuk pengawasan kendaraan yang diduga penyebab kerusakan jalan ini. Namun, sebelumnya ia sudah mengkoordinasikan dengan semua pihak.

Terutama pada Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau untuk terus melakukan pengawasan dan melakukan tindakan pada kendaran-kendaraan yang menyalahi aturan.

"Ini dari awal sudah kita tegaskan, dan itu juga sudah banyak yang ditindak oleh dinas perhubungan kita di berbagai daerah. Kita harap ini juga harus terus ditegaskan ke depannya," kata Gubri Syamsuar pada kegiatan refleksi pembangunan Provinsi Riau tahun 2021, dan rencana kerja 2022 bersama Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution dan Sekdaprov Riau, SF Hariyanto, Sabtu (1/1) di Gedung Daerah Riau, Pekanbaru.

Wakil Gubernur, H Edy Natar Nasution, meninjau perbaikan Jalan di kabupaten dan kota di Riau. 

Sedangkan untuk perawatan, Syamsuar menyampaikan, setiap tahun anggaran perawatan maupun pembangunan jalan ini masuk dalam APBD Riau. Hanya saja belum bisa terpenuhi dengan maksimal sesuai kebutuhan yang menyebabkan lambatnya perawatan.

"Perawatan jalan ini memang keuangan kita belum mampu sepenuhnya. Namun, kita tetap mengupayakan dengan maksimal dengan berbagai cara agar jalan tersebut tetap terawat dan bisa terus digunakan masyarakat," ujarnya.

Halaman
Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: MCR
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar