Khawatir Menumpuknya Sampah di TPA Kec. Mandau dan Pinggir, DPRD Bengkalis Undang OPD Terkait

Selasa, 8 Februari 2022 10:57 WIB

Share
Ilustrasi: Gunungan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)
Ilustrasi: Gunungan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA)

BENGKALIS, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Lintas Komisi DPRD Kabupaten Bengkalis membicarakan penanganan TPA Sampah di Kecamatan Mandau dan Pinggir dengan mengundang Organisasi Perangkat Daerah terkait, Senin (07/02/2022) kemarin.

Permasalahan dimulai dari menumpuknya sampah yang ada di TPA Kecamatan Mandau sehingga dibawa ke TPA Kecamatan Pinggir, hal ini menimbulkan keberatan dari masyarakat Pinggir sehingga di stop oleh masyarakat setempat.

Kejadian ini diakibatkan oleh armada alat berat yang cukup tua sehingga mengalami kerusakan dan lokasi pembuangan tidak memadai lagi.

Demikian yang dikatakan oleh anggota Komisi I Al Azmi yang juga merupakan perwakilan masyarakat dari Dapil Pinggir, kekhawatiran ia sampaikan lantaran volume sampah akan kian menumpuk dan nanti tidak tertampung lagi apabila sampah dari Kec. Mandau dibawa ke Kec. Pinggir.

"Saya harap kepada semua OPD yang hadir bersama-sama mencari solusi untuk pengadaan alat dan perluasan lahan untuk TPA ini, usulkan di Musrenbang-Musrenbang, kalau perlu sampaikan langsung kepada Bupati Bengkalis karena permasalahan sampah ini tidak bisa menunggu lagi," ujar Al Azmi.

Ketua Komisi II Ruby Handoko mengatakan permasalahan ini harus ada solusinya, untuk mengatasi sementara ia mengusulkan agar bisa meminjam alat berat ke Dinas PUPR.

"Coba konsepkan juga teknologi untuk pemanfaatan sampah baik untuk di daur ulang menjadi produk atau membuat sampah menjadi penghasil energi sehingga bisa memberikan pendapatan bagi daerah," usulnya.

Di sisi lain, anggota Komisi seperti Hendri, Syafroni Untung, Andi Fahlevi dan H. Siantar juga mengusulkan beberapa lokasi yang mungkin bisa dijadikan TPA oleh pemerintah daerah.

"Kalau memang ada regulasi yang mengatur, cobalah dikerjasamakan dengan pihak ketiga untuk pengelolaan sampah ini untuk mengurangi volume sampah di Kabupaten Bengkalis," ujar Syafroni Untung.

Ana dari pihak DLH mengucapkan terima kasih atas pertemuan yang dilakukan sehingga banyak mendapatkan saran dan masukan terkait pengelolaan sampah di Kabupaten Bengkalis. Kedepan, bersama OPD terkait juga bantuan dari anggota DPRD semoga permasalahan sampah ini dapat teratasi.(rilis/der)

Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler