Gubri Kenalkan Batik Kuansing di Kendari saat Terima Penghargaan Inisiator Olahraga 2022 dari PWI Pusat

Rabu, 9 Februari 2022 16:09 WIB

Share

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menerima penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sebagai Inisiator Olahraga Tahun 2022, pada ajang Award Seksi Wartawan Olahraga (Siwo). 

PWI Pusat menilai Gubri Syamsuar sebagai kepala daerah yang memiliki kepedulian terhadap kebijakan Olahraga Nasional. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainuddin Amali di Hotel Plaza in, Kendari, Sulawesi Tenggara, (8/2/2022).

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Zainuddin Amali (kanan) memberikan penghargaan kepada Gubernur Riau H Syamsuar, di Kendari Sulawesi Tenggara. 

Dalam kesempatan itu, Gubri terlihat mengenakan busana Batik Nagori asal Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Wastra itu berbahan semi sutra, bermotif Perahu Baganduang (perahu bergandeng) warisan budaya Lubuk Jambi, Kuantan Mudik, Kuansing. 

Bahan dasar batik yang ia pakai berwarna kuning cerah. Warna ini selaras dengan sumringah wajah Gubri ketika menerima penghargaan Inisiator Olahraga Tahun 2022. 

Menanggapi hal itu, pelaku usaha Batik Nagori Batik Kuansing, Surmayati atau biasa dipanggil Sura merasa senang dan bangga. Lantaran saat Gubri menerima penghargaan dari PWI Pusat mengenakan karya wastra yang ia buat, yakni Batik Nagori Kuansing. 

"Tentu saya merasa senang karena pak Gubernur mengenakan Batik Nagori asal Kuansing," kata Sura saat dikonfirmasi, Selasa malam (8/2/2022). 

Dengan begitu, Sura merasa berterima kasih, lantaran orang nomor satu di Riau tersebut memilih mengenakan pakaian batik motif Perahu Baganduang asal Kuansing di acara penting. Sehingga, menurutnya secara tidak langsung karyanya telah dipromosikan oleh Gubernur Syamsuar di hadapan publik. 

"Ya, itu motif Perahu Baganduang. Saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Gubernur. Bahkan saya rasanya belum puas jika tidak mengucapkan terima kasih secara langsung ke beliau," ucap Sura. 

Gubri Syamsuar, menurut Sura adalah sosok pemimpin yang sangat komitmen dengan UMKM di Provinsi Riau. Sebagai pelaku usaha, ia mengaku usaha batiknya mendapat perhatian melalui kebijakan yang dikeluarkan Gubernur Riau. 

Halaman
Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: MCR
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar