Klaim Penerimaan Pajak Meningkat, DJP Riau Wujudkan PPS

Rabu, 8 Juni 2022 23:35 WIB

Share
Klaim Penerimaan Pajak Meningkat, DJP Riau Wujudkan PPS
Kanwil DJP Riau Ungkap Peningkatan Pajak

PEKANBARU.RIAU.POSKOTA.CO.ID - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Riau sampai dengan Juni tahun 2022 berhasil mengumpulkan penerimaan pajak sebesar Rp8,2 triliun atau 53 persen dari target Kanwil DJP Riau sebesar Rp15,68 triliun untuk tahun 2022. 

"Penerimaan ini mengalami peningkatan sebesar 55,62 persen dibanding tahun 2021 untuk periode yang sama, kenaikan terjadi pada Pajak Pertambahan Nilai dikarenakan tingginya harga komoditas sawit," kata Kepala Kanwil DJP Riau, Ahmad Djamhari, Rabu (8/6/2022).

Sementara itu, dari sisi kepatuhan penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak (WP) Orang Pribadi sampai dengan 31 Mei 2022 telah terkumpul sebanyak 264.876 SPT sedangkan untuk Wajib Pajak (WP) Badan telah terkumpul sebanyak 18.642 SPT. 

Dibandingkan dengan tahun lalu, pada masa yang sama, maka tahun ini untuk WP Badan telah mengalami pertumbuhan penerimaan SPT sebesar 4,71 persen dan untuk WP Orang Pribadi mengalami penurunan.

"Yang diakibatkan oleh penutupan sementara saluran pelaporan SPT Tahunan pada saat masa penyampaian SPT Tahunan," sambung Ahmad.

Selama Tahun 2022 DJP menyelenggarakan Program Pengungkapan Sukarela, bertujuan untuk memberikan kesempatan pada WP untuk mengungkapkan kewajiban perpajakan yang belum dipenuhi secara sukarela melalui pembayaran pajak penghasilan (PPh) berdasarkan pengungkapan harta. 

Kanwil DJP Riau juga mencatat partisipasi WP di Provinsi Riau dalam mengikuti Program Pengungkapan Sukarela sampai dengan tanggal 7 Juni 2022 sebanyak 1052 Wajib Pajak dengan nilai pengungkapan nilai harta bersih sebesar Rp1,63 triliun, total PPh yang dibayarkan sebesar Rp162,22 miliar.

Direktorat Jenderal Pajak melalui Kantor Wilayah DJP Riau dalam mewujudkan pelaksanaan Program Pengungkapan Sukarela (PPS) telah melakukan berbagai upaya imbauan kepada masyarakat Riau untuk segera memanfaatkan PPS yang telah dimulai awal tahun ini sampai 30 Juni 2022. 

Imbauan yang dilaksanakan berupa, sosialisasi informasi PPS kepada Aparatur Sipil Negara, Tenaga Pengajar, Koperasi dan Wajib Pajak lain yang terdaftar di KPP. Lalu pengiriman Whatsapp Blast kepada 8.908 Wajib Pajak.

Kemudian Helpdesk dan Kelas Pajak di lingkungan Kanwil DJP Riau, Penyuluhan bersama Instansi, Lembaga dan Asosiasi antara lain Asperindo, Apindo, Gapensi, IKPI, IAI, OPD Pemerintah Daerah, IDI, INI dan PSMTI.

Halaman
Reporter: Helmi
Editor: Helmi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar