Kapolda Riau Irjen Iqbal Resmi Menyandang Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri

Sabtu, 18 Juni 2022 01:52 WIB

Share
Kapolda Riau Irjen Iqbal Resmi Menyandang Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri
Irjen Iqbal dan Istri

PEKANBARU.RIAU.POSKOTA.CO.ID - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal resmi menyandang gelar kehormatan adat sebagai Datuk Wira Lela Setia Negeri yang diberikan oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAM) Kota Dumai, Jumat (17/6/2022).

Irjen Iqbal dinilai telah berjasa bagi adat dan masyarakat melayu, khususnya di Kota Dumai. Prosesi penabalan gelar adat ini digelar di Kantor LAMR Kota Dumai. 

Dalam kegiatan ini, Irjen Iqbal terlihat gagah mengenakan busana melayu dengan warna hitam dan corak kuning keemasan. Ia didampingi istrinya, Datin Nindya M Iqbal.

Kapolda Riau dan istri, beserta Gubernur Riau, Syamsuar, Ketua DPRD Riau, Yulisman, Walikota Dumai, Paisal dan beberapa pejabat lainnya, tiba di depan LAMR Kota Dumai.

Kedatangan Irjen Iqbal disambut permainan kompang. Kapolda Riau kemudian diiringi sambil berjalan dari pagar hingga ke tangga LAMR Kota Dumai. Selanjutnya, Irjen Iqbal disambut pencak silat.

Masuk ke rangkaian prosesi penabalan gelar kehormatan adat, sebelumnya turut dibacakan pula riwayat hidup, disusul warkah penabalan adat untuk Kapolda Riau.

Majelis Penabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan tanjak oleh Ketua MKA LAMR Kota Dumai Datuk Seri Atan Ujang, pemasangan selempang oleh Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar dan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAMR Kota Dumai Datuk Seri Syarudin Husin. 

Usai penabalan gelar kehormatan adat, kegiatan dilanjutkan dengan tepuk tepung tawar dan doa bersama.

Kapolda Riau, Irjen Pol Iqbal mengatakan, ia merasa sangat terhormat dengan gelar yang diterimanya. Ia menyatakan, ini adalah anugerah luar biasa.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas penabalan (gelar kehormatan adat) ini. Ini adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi saya sekeluarga. Baik saya secara pribadi, keluarga, dan selaku Kapolda," ucapnya.

Halaman
1 2 3
Reporter: Helmi
Editor: Helmi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar