Kejari Inhil Periksa Pj Bupati Kampar Sebagai Saksi Dugaan Korupsi

Minggu, 26 Juni 2022 23:13 WIB

Share
Kejari Inhil Periksa Pj Bupati Kampar Sebagai Saksi Dugaan Korupsi
Ilustrasi

PEKANBARU.RIAU.POSKOTA.CO.ID - Pejabat (Pj) Bupati Kampar, Kamsol tengah menjalani proses pemeriksaan di Kejaksaan Negeri (Kejari) Inhil, statusnya sebagai saksi terkait dugaan korupsi yang terjadi di Kabupaten Inhil, Jumat (24/6/2022). 

Dugaan korupsi yang dimaksud, yakni Pembangunan Unit Sekolah Baru Gedung SMA Negeri 1 Tembilahan, Inhil Tahun Anggaran (TA) 2017. Yang mana, Kamsol diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau tahun 2017.

Dimana sebelumnya, tim jaksa penyidik pada Seksi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Inhil, telah memanggil sejumlah pihak untuk datang menjalani pemeriksaan.

Kepala Kejari (Kajari) Inhil Rini Triningsih SH MHum saat konfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Haza Putra SH, membenarkan pemeriksaan tersebut. 

"Iya ada (Kamsol), diperiksa sebagai saksi. Waktunya sejak dari pagi," ucapnya, kemarin.

Saat ditanya berapa lama Kamsol menjalani pemeriksaan di Korps Adhyaksa Inhil, Haza mengaku tidak mengetahuinya. Pasalnya, disaat yang bersamaan, dirinya sedang berada diluar kota.

"Saya kurang tahu, sedang diluar kota," jawabnya.

Sebelumnya, penyidikan itu dilakukan berdasarkan Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Nomor : PRINT-09/L.4.14/Fd.1/05/2022. Sprindik itu diteken Rini Triningsih selaku Kajari Inhil pada 19 Mei 2022, kemarin.

Menindaklanjuti Sprindik itu, penyidik telah melayangkan surat panggilan untuk sejumlah saksi. Selain Kamsol, panggilan dikirimkan untuk Rudyanto yang merupakan pengganti Kamsol selaku Kadisdik Riau, dan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Ahmad Hijazi.

Dari informasi yang dihimpun, pada tahun 2017 Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau terdapat pekerjaan konstruksi pembangunan USB pada SMA Negeri 1 Tembilahan, Inhil. Adapun besar anggaran pelaksanaan adalah Rp1.558.000.000.

Halaman
Reporter: Helmi
Editor: Helmi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar