”Kita Sudah Melawan, Nak Nyo…Sebaik-baiknya, Sehormat-hormatnya…” Oleh: Amir Machmud NS

Senin, 18 Juli 2022 12:28 WIB

Share
Tim Nasional U-19 Indonesia. Foto: pssi
Tim Nasional U-19 Indonesia. Foto: pssi

RIAU.POSKOTA.CO.ID -  “KITA sudah melawan, nak…Nyo…sebaik-baiknya, sehormat-hormatnya…”

Kalimat legendaris itu saya kutip dari ucapan Nyai Ontosoroh, yang dia sampaikan kepada “anak angkatnya”, “Sinyo” Minke. Pengadilan Hindia Belanda secara tidak adil memenangkan gugatan keluarga Robert Mellema atas semua milik Nyai Ontosoroh.

Ujung novel Bumi Manusia, karya masterpiece Pramudya Ananta Tur itu mirip alur nasib tim nasional U-19 Indonesia di Piala AFF 2022.

Garuda Nusantara gagal menembus semifinal karena terbentur aturan AFF. Sama-sama mengemas angka 11 dari lima laga, bahkan dengan selisih gol jauh lebih produktif, Mohammad Ferrari dkk akhirnya hanya menempati urutan ketiga di bawah Vietnam dan Thailand.

Dalam “klasemen kecil”, secara head to head Vietnam dan Thailand lebih unggul karena imbang 1-1 dalam laga terakhir. Artinya, mampu mencetak gol, sedangkan Indonesia bermain 0-0 dengan dua rival tersebut.

Kemenangan besar 5-1 dalam pertandingan terakhir melawan Myanmar pun tak mempengaruhi, padahal secara keseluruhan Indonesia mengakumulasi gol lebih baik sepanjang turnamen.

Tergambarkan betapa pedih anak-anak Garuda dan para suporter yang meriuhkan Stadion Patriot Chandrabhaga. Pelatih Shin Tae-yong mengungkapkan kekecewaan dengan menyebut regulasi AFF sudah usang.

Tersisih lewat aturan semacam itu, Marcellino Ferdinand cs boleh dibilang “juara tak bermahkota”. Vietnam dan Thailand diduga memilih bermain aman untuk “menghentikan” Indonesia sebelum semifinal. Mereka paham, performa anak-anak Garuda terus berkembang dari laga ke laga.

Menuju 2023

Coach STY mencoba mereduksi kekecewaan anak-anak asuhannya dengan menjanjikan, tim ini akan terus berkembang dan makin keren menuju 2023, khususnya ketika menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

Halaman
Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: Suarabaru.id
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler