Aduan Nomor Call Centre Pusat Pengaduan Ilegal Fishing Bintan

Rabu, 14 September 2022 21:47 WIB

Share
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Instansi terkait membentuk Forum Koordinasi beberapa waktu lalu untuk menjawab keresahan masyarakat khususnya nelayan.
Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Instansi terkait membentuk Forum Koordinasi beberapa waktu lalu untuk menjawab keresahan masyarakat khususnya nelayan.

BINTAN, POSKOTA.CO.ID - Menindaklanjuti penggunaan alat tangkap terlarang (pukat troll, mini troll dan cantrang) yang belakangan semakin kerap terlihat di perairan Bintan, Plt Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Instansi terkait membentuk Forum Koordinasi beberapa waktu lalu untuk menjawab keresahan masyarakat khususnya nelayan.

Forum yang terdiri dari seluruh Instansi terkait ini akan melaksanakan fungsinya secara maksimal sesuai dengan wewenang masing-masing terkiat masalah perairan.

Menyadari luasnya wilayah laut Bintan, Plt Bupati berharap agar seluruh masyarakat turut membantu dalam mengawasi segala aktifitas perikanan khususnya di laut.

Untuk itu lah Pemkab Bintan meluncurkan nomor kontak call centre yang dapat dihubungi masyarakat untuk memberikan aduan dan laporan.

"Silahkan catat nomornya, 0811-707-3344," ucap Roby saat ditemui di Kantor Bupati Bintan, Rabu (14/09).

Roby berharap agar seluruh masyarakat bisa segera melaporkan jika melihat aktifitas alat tangkap terlarang. Hal ini agar semua mekanisme bisa dilaksanakan melalui Instansi yang berwenang.

"Kita tindak tegas, sesuai dengan aturan, sesuai dengan regulasi. Jangan sampai masyarakat kita sendiri khususnya nelayan malah merasakan keresahan untuk memanfaatkan hasil laut sendiri," tegas Roby menambahkan.

Kegiatan penangkapan ikan secara tidak bertanggungjawab bukan hanya terbatas pada kegiatan penangkapan ikan secara ilegal (illegal fishing), tetapi juga terdapat kegiatan penangkapan ikan dengan cara-cara yang merusak (destructive fishing).

Kegiatan ini juga dapat menyebabkan kerugian yang besar terutama terhadap kelestarian ekosistem perairan yang ada.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bintan Fachrimsyah saat dihubungi mengatakan bahwa nomor kontak tersebut dapat dihubungi melalui telepon seluler biasa maupun layanan jejaring sosial Whatsapp.

Halaman
Reporter: Oppy Afio
Editor: Oppy Afio
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar