Sejarah Hingga Tradisi, Roby Bersama Masyarakat Meriahkan Kenduri Budaye Mantang

Sabtu, 3 Desember 2022 14:16 WIB

Share
Bupati Bintan menghadiri kegiatan Kenduri Budaye di Halaman Kantor Kecamatan Mantang, Jum'at (02/12/2022) malam.
Bupati Bintan menghadiri kegiatan Kenduri Budaye di Halaman Kantor Kecamatan Mantang, Jum'at (02/12/2022) malam.

BINTAN, POSKOTA.CO.ID - Bupati Bintan, Roby Kurniawan disambut ratusan masyarakat saat menghadiri kegiatan Kenduri Budaye di Halaman Kantor Kecamatan Mantang, Jum'at (02/12/2022). 

Bupati Bintan, Roby Kurniawan bersama Pj Sekda Bintan Ronny Kartika beserta rombongan mengikuti tradisi "Jempot Makan" oleh tokoh adat yang disebut penghulu balai. 

Kenduri Budaye ini dimulai sejak tiga hari lalu yang diawali dengan doa bersama di Masjid Al Muttaqin dan Masjid Al Falaq. 

Dimana ziarah ke makam Nek Puang, seorang yang dianggap Tokoh Tersohor di Mantang Riau. Selanjutnya makam di Mantang baru dan terus ke Mantang Besar. 

Bupati Bintan mengawali sambutan dalam event ini bisa semakin berkembang, sebab memiliki potensi budaya dan pariwisata. 

Tidak menutup kemungkinan ke depannya saat event ini berlangsung menjadi event tahunan. 

Dimana akan ada masyarakat di luar Mantang, bahkan turis mancanegara yang akan datang berkunjung. 

"Sangat diapresiasi dalam event tersebut merupakan hal yang sangat positif, dan bisa terus dikembangkan. Tahun depan kalau bisa kita coba langsung, acaranya kita kemas kalau bisa biar turis-turis datang ke sini melihat begitu kaya budaya di Mantang," Ucap Roby.

Terlihat tari kreasi dalam bentukan tawa ceria anak belia tatkala menari dengan lagu "Lodeh hai Mak Lodeh" dan "Nona Singapura" serta penampilan Makyong Kreasi sebagai salah satu budaya asli Mantang, turut menambah semarak kenduri budaye di hadapan masyarakat yang bisa dikatakan tumpah ruah.

Hal senada disampaikan Pj Sekda Bintan mengatakan kegiatan ini merupakan hajatan dan mohon doa mengenang jasa leluhur.

Halaman
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar