Hampir 1 Ton Sabu Diungkap Irjen Pol Iqbal Selama Menjabat Jadi Kapolda Riau

Rabu, 7 Desember 2022 04:37 WIB

Share
Kapolda Riau Irjen M Iqbal
Kapolda Riau Irjen M Iqbal

PEKANBARU.RIAU.POSKOTA.CO.ID - Sudah 11 bulan berlalu Irjen Pol Muhammad Iqbal menjabat sebagai Kapolda Riau. Dalam tugasnya itu, ia berhasil mengungkap kasus kejahatan terhadap sindikat narkoba diwilayah hukumnya. 

Sampai saat dengan hari ini, kasus narkotika jenis sabu telah mencapai 800 kilogram sabu diungkap dengan menyeret sejumlah tersangkanya dari berbagai perannya masing-masing. 

Iqbal mengatakan, bahwa seluruh jajarannya menyatakan perang melawan pelaku sindikat jaringan narkotika yang masuk kewilayah hukum Provinsi Riau, Selasa (6/12/2022). 

"Terhitung sejak saya bertugas selama 11 bulan, saat ini hampir 800 kilogram sabu yang berhasil disita. Jumlah yang fantastis. Kami berkomitmen untuk memberantas peredaran gelap narkotika ini," kata Kapolda. 

Terhutung saat ini, Direktorat Reserse Narkoba Polda Riau telah menyita sebanyak 91 kilogram sabu serta 25 kilogram ganja kering dari tangan 10 orang tersangkanya. 

Penangkapan tersangka tersebut, dilakukan diberbagai lokasi berbeda-beda, diantaranya satu lokasi yang berada diwilayah Kabupaten Siak dan dua tempat lainnya di Kota Pekanbaru. 

"Kasus itu dilakukan tim Subdit I Narkoba Polda Riau selama kurun waktu dua hari dibulan November, lalu. Barang buktinya sebanyak 91 kilogram sabu dan 25 kilogram ganja," terang Kapolda saat ekspos. 

Iqbal menjelaskan, penyelidikan kasus 81 kilogram dilakukan petugas saat berada diwilayah Kabupaten Siak dengan tersangkanya DAN (24), RUD (22), ADE alias WOK (33), BAY (32), CEN (34) dan YOG. 

Tidak sampai disana, tim kembali melakukan penyelidikan lainnya alhasil ditemukan adanya sindikat narkotika. Tim yang mengetahui langsung melakukan penangkapan. 

"Pelaku ditangkap saat berada di pintu keluar Tol Pekanbaru-Dumai. Saat itu ditemukan 10 kilogram sabu yang disita dari tangan 4 orang tersangkanya yakni RIZ (35), TAR (25) RIO (29) dan SUW (56)," terang Iqbal. 

Halaman
Reporter: Helmi
Editor: Helmi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar