Kantor SAR Pekanbaru Gelar Apel Siaga Khusus Jelang Nataru

Selasa, 20 Desember 2022 09:31 WIB

Share
Tim SAR Pekanbaru Gelar Apel
Tim SAR Pekanbaru Gelar Apel

PEKANBARU.RIAU.POSKOTA.CO.ID - Dalam rangka antisipasi keramaian jelang merayakan hari Natal dan Tahun baru 2023 (Nataru), Kantor SAR Pekanbaru menggelar apel Siaga SAR Khusus yang bertempat di halaman Kantor SAR Pekanbaru, Senin (19/12/2022). 

Kepala Kantor SAR Pekanbaru I Nyoman Sidakarya SH bertindak sebagai pemimpin apel membacakan amanat Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik, pelaksanaan Siaga SAR Khusus tetap melaksanakan prinsip-prinsip Quick Response of SAR dalam merespon setiap bentuk kedaruratan secara professional, sinergi dan millitan.

"Kemudian pelihara dan tingkatkan kesiapan personil, alut dan peralatan agar kecepatan waktu tanggap (response time) dan waktu tempuh (deployment time) dapat tercapai dengan maksimal sehingga semakin banyak korban yang bisa diselamatkan apabila dibutuhkan operasi SAR," ujar I Nyoman. 

Untuk menunjang kelancaran dalam siaga tersebut, Kantor SAR Pekanbaru menyiagakan beberapa alat utama (alut) SAR seperti Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, Truck Personil, Motor Trail, Beach Patrol, Rigid Inflatable Boat (RIB), Peralatan Medis, Peralatan Selam, Peralatan Ekstrikasi, dan Peralatan Urban SAR. 

"Serta sebanyak 115 Personil disiagakan di Kantor SAR Pekanbaru, Pos SAR Bengkalis, Pos SAR Tembilahan, Unit Siaga SAR Rohil, Unit Siaga SAR Kepulauan Meranti, KN 413 Pekanbaru dan RB 218 Dumai," sambung I Nyoman. 

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan dilaksanakan selama 16 hari, yaitu pada tanggal 19 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023.

Personil yang disiagakan tidak hanya di Pos dan Unit serta KN akan tetapi mobile di berbagai tempat wisata, stasiun, terminal, bandara, dan pelabuhan yang berada di wilayah kerja Kantor SAR Pekanbaru.

"Kepada petugas siaga SAR Khusus Nataru 2022/2023 agar tetap semangat, jaga kesehatan, utamakan keselamatan, dan laksanakan tugas dengan gembira dan penuh kebanggaan karena tugas kita ini adalah tugas yang syarat dengan nilai-nilai kemanusiaan," tutupnya.

 

Reporter: Helmi
Editor: Helmi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler