Diikuti Seluruh Pengurus, MUI Gelar Pelatihan Aplikasi Keuangan Tahun 2022

Kamis, 26 Januari 2023 14:31 WIB

Share

PEKANBARU, RIAU.POSKOTA.CO.ID - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Riau melaksanakan kegiatan Pelatihan Aplikasi Keuangan Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan bimbingan kepada seluruh pengurus MUI se-Provinsi Riau untuk menertibkan administrasi laporan kegiatan MUI. 

Pelatihan ini mengusung tema "Mewujudkan Pengelolaan Keuangan yang transparan dan Akuntabel". Pelatihan Aplikasi Keuangan MUI Provinsi Riau dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 26-27 Desember 2022 di Hotel Evo Pekanbaru.

Kegiatan Pelatihan Aplikasi Keuangan MUI Provinsi Riau ini dibuka langsung oleh Gubernur Provinsi Riau yang diwakili oleh Ka. Biro Kesra Setda Provinsi Riau H. Zulkifli Syukur, M.Ag., M.Si. Pada kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Umum MUI Provinsi Riau Prof. Dr. H. Ilyas Husti, MA, Plt. Sekretaris Umum Dr. H. Zamsiswaya, MA, Dewan Pimpinan Harian MUI Provinsi Riau, Forkopimda Provinsi Riau, Ormas Islam dan jajaran pengurus lainnya. Peserta Pelatihan Aplikasi Keuangan ini terdiri dari berbagai unsur, diantaranya Pegawai Sekretariat MUI Provinsi Riau, Ketua dan Sekretaris Komisi MUI Provinsi Riau dan Pegawai serta Pengurus MUI tingkat Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau.

Dalam sambutannya, Ka.Biro Kesra Setda Provinsi Riau H. Zulkifli Syukur, M.Ag., M.Si menghimbau agar Pengurus MUI baik pada tingkat Provinsi maupun MUI Kabupaten/Kota agar tertib dalam melaksanakan laporan kegiatan yang berasal dari dana hibah daerah. Bagaimana pengurus bisa membuat laporan yang tertata rapi, transparansi, akuntabilitas dan tepat waktu serta menghindari tumpang tindih dalam mengelola dana hibah.

Ketua Umum MUI Provinsi Riau Prof. Dr. H. Ilyas Husti, MA dalam sambutannya menyampaikan Pengurus MUI di Provinsi Riau harus dibekali ilmu mengenai teknis pengelolaan dana hibah dan pembuatan laporan kegiatan yang transparan dan akuntabel. MUI harus memiliki sumber daya manusia yang berpotensi pada bidangnya. Hal ini agar MUI dapat mewujudkan ketertiban administrasi, aset iventaris, arsiparis, pengelolaan keungan dan kegiatan lainnya. 

Dengan terlaksananya hal ini maka kita akan dapat mewujudkan visi, misi dan program kerja MUI dengan baik. Apalagi saat ini MUI Provinsi Riau termasuk ke dalam nominasi lima terbaik di Indonesia dan MUI Provinsi Riau berada pada urutan keempat setelah MUI Jawa Timur, DKI dan Sumatra Utara. Untuk itu kita secara bersama-sama harus meningkatkan lagi kinerja MUI di Provinsi Riau sebagai pelayan umat (Khadim al-Ummah) dan mitra pemerintah (Shadiiq al-Hukumah).

Majelis Ulama Indonesia Provinsi Riau mendatangkan narasumber yang berasal dari unsur akademisi dan pemerintah daerah. Diantaranya Rektor UIN Suska Riau Prof. Dr. H. Hairunas, MA, Ka.Biro Kesra Setda Provinsi Riau H. Zulkifli Syukur, M.Ag., M.Si, BPKAD Provinsi Riau dan Komisi Perekonomian Keumatan MUI Provinsi Riau.

Dengan dilaksanakannya Pelatihan Aplikasi Keuangan ini telah menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki keahlian dalam pengelolaan keuangan MUI dan pelaporan dana Hibah yang berasal dari pemerintah daerah.

Reporter: Husnul Qotimah
Editor: Husnul Qotimah
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler