Konflik Lahan Warga Siak, Mahasiswa Minta Presiden Jokowi Cabut SK PT DSI

Kamis, 26 Januari 2023 19:43 WIB

Share
Mahasiswa Demo PT DSI
Mahasiswa Demo PT DSI

PEKANBARU.RIAU.POSKOTA.CO.ID - Sejumlah mahasiswa di Pekanbaru melakukan aksi unjuk rasa menuntut keadilan kepada Polda Riau atas perbuatan PT Duta Swakarya Indah (DSI) diduga telah merampas hak masyarakat Dayun, Kabupaten Siak, Kamis (26/1/2023) siang. 

Aksi mahasiswa tergabung dalam aliansi Satuan Mahasiswa (Satma) dan Ikatan Pemuda Karya (IPK), didepan kantor Mapolda Riau, minta agar kasus sengketa lahan PT DSI ini diusut hingga tuntas. 

Aksi ini pecah setelah mengetahui pihak perusahaan diduga telah melakukan kejahatan yang mengakibatkan kerugian terhadap hak masyarakat Duyun Kabupaten Siak. 

Dalam aksinya mahasiswa menyuarakan sejumlah tuntutannya diantaranya, bahhwa PT DSI harus bertanggung jawab atas hak lahan milik warga yang telah dirampas. 

"Kami minta kepada Polda Riau agar kasus PT DSI ini diusut tuntas karena telah banyak merugikan rakyat kecil," tegas Sarin Putra Martinus, selaku Koordinator Lapangan. 

Selain itu, masa juga minta kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) agar mencabut SK Izin Pelepasan Kawasan Hutan 17/Kpts-II/1998 yang dimiliki PT DSI. 

"Kami juga meminta kepada Presiden RI Jokowi untuk mencabut SK IPKH 17/Kpts-II/1998 PT DSI dan pro terhadap penderitaan rakyat yang tertindas," pungkasnya. 

 

Reporter: Helmi
Editor: Helmi
Sumber: -
Komentar
limit 500 karakter
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.
0 Komentar
Berita Terpopuler